Oleh: elanvital2009 | Agustus 24, 2012

TIP : Menjadikan Kucing Kampung Sekelas Kucing Persia

INGIN punya kucing Persia atau Anggora? Wah, harganya jutaan rupiah. Bahkan untuk makanan dan minumannya saja bisa habis Rp 1 juta per bulan hanya untuk satu kucing. Bisa dihitung berapa besar pengeluaran uang kita hanya untuk seekor kucing dalam setahun.

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa kucing kampungpun bisa seindah kucing Persia atau Anggora. Caranya juga tidak sulit. Cukup memberi minum susu tiap hari sekitar dua atau tiga sendok makan saja. Jangan terlalu banyak, kucing bisa sakit perut. Fungsi meminum susu yaitu membuat bulu kucing menjadi panjang dan lembut.

Soal makanan, sama seperti kucing kampung. Cuma, jangan boleh makan tikus sebab daging tikus mengandung banyak bibit penyakit dan menyebabkan kucing menjadi kurang sehat.

Jangan lupa seminggu sekali dimandikan. Caranya, basahi (celupkan ke air) kain sebesar sapu tangan. Kemudian basuhkan ke bulu-bulu kucing dari depan ke belakang. Lakukan sampai bersih.

Kemudian sisir pelan-pelan ke belakang. Usahakan jangan sampai ada bulu yang rontok. Jika bulunya mudah rontok berarti kurang vitamin. Obat-obatan kucing bisa dibeli di pet shops atau ke dokter hewan.

Supaya tidak buang kotoran sembarangan, bisa dibuatkan WC khusus kucing di halaman depan rumah Anda. Beli pipa pralon ukuran besar (diamete sekitar 10 cm) sepanjang 1 meter. Buat lubang ditanah sebesar pipa pralon itu sedalam satu meter. Masukkan pipa pralon itu ke lubang tersebut.

Di bagian atas, di sekeliling lubang pralon, taburkan pasir setebal 5-8 cm. Kemudian latih anjing Anda buang kotoran di lubang pralon tersebut. Caranya, dudukkan (seperti kucing pada posisi buang kotoran) di atas lubang pralon tersebut. Lakukan berkali-kali.

Paling tidak, kucing Anda akan buang kotoran di pasir. Kemudian dengan alat tertentu (cutik), masukkan kotoran tersebut ke lubang pralon. WC kucing tersebut mampu menampung kotoran satu kucing selama lima tahun.

Nah, kalau ingin punya kucing bagus, tak harus beli kucing Persia atau Anggora. Kucing kampungpun bisa berbulu indah dan cantik kalau kita bisa memeliharanya dengan baik.

Selamat mencoba.

Sumber foto: easy.blogdetik.com

Hariyanto Imadha

Penyayang kucing

 

About these ads

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.