Oleh: elanvital2009 | Februari 24, 2011

MOTIVASI: Jadikan Internet sebagai Online University Anda

BANYAK orang salah beranggapan. Mereka menganggap hanya sarjanalah yang pandai dibandingkan mereka yang bukan sarjana. S3 lebih pandai dari S2 dan S2 lebih pandai daripada S1. S1 lebih pandai daripada SMA dan seterusnya.

Ukuran pandai adalah cara berpikir

Banyak sarjana tetapi cara berpikirnya bukan sarjana. Sebaliknya banyak yang bukan sarjana tetapi cara berpikirnya sarjana dan sukses.

Contoh:

Bob Sadino bukan sarjana teknik, bukan sarjana ekonomi. Tapi sukses membangun apartemen an sukses di bidang ekonomi

Bill Gates bukan sarjana komputer, tapi mampu menciptakan OS DOS, Windows dan lain-lain yang dikenal di seluruh dunia dan menjadikannya kaya raya.

Pandai ditentukan banyaknya pengetahuan

Di samping banyaknya pengetahuan, juga pemahaman akan pengetahuan itu sendiri. Artinya, walaupun hanya menguasai satu bisang, kalau ditekuninya maka akan memperoleh kesuksesan besar.

Contoh:

James Watt, satu juta kali gagal di dalam menciptakan mesin uap. Namun baginya, 1 juta kegagalan dilakukan demi 1 kesuksesan yang luar biasa besar.

Manfaatkan internet sebagai Online University

Beruntunglah hidup di era internet. Tidak perlu beli buku-buku yang mahal. Di internet ilmu apa saja dan informasi apa saja ada. Cuma, semua artikel di internet jangan ditelan mentah-mentah. Harus dicermati satu demi satu. Cukup menguasai aspek tertentu Memahami sebuah ilmu, tidak harus secara keseluruhan. Misalnya, kalau tujuannya hanya ingin mengertahui satu aspek saja, maka cukup konsentrasi pada satu aspek saja.

Contoh

SBY bukanlah sarjana ekonomi. Namun, beliau mengambil S3 atau gelar dokternya di bidang ekonomi pertanian. Itupun dibatasi pada aspek tertentu saja.

Banyak orang otodidak

Banyak orang punya bakat otodidak, yaitu belajar sendiri atau belajar mandiri. Bahkan tak jarang mereka yang otodidak mempunyai kemampuan yang sama dengan mereka yyang berpendidikan formal

Contoh

Saya (Hariyanto Imadha), bukan sarjana komputer. Karena otodidak di bidang ilmu komputer, saya pernah bekerja sebagai programmer komputer. Bahkan pernah mengelola lembaga pendidikankomputer selama 15 tahun.

Pentingnya berpengetahuan luas

Ada kata-kata bijak mengatakan “Tuntutlah ilmu, walaupun sampai ke negeri China”. Artinya, menguasai pengetahuan dan ilmu pengetahuan itu sangat penting. Mengetahui ilmu-ilmu lain di bidang ilmu pengetahuan itu penting. Dengan demikian kita bisa memahami peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan bidang ilmu pengetahuan lainnya.

Tidak tahu wajib bertanya

Adalah merupakan kewajiban bagi tiap orang, jika tidak tahu sebaiknya bertanya. Jika tidak, kita akan terjebak pada pernyataan-pernyataan yang salah.

Contoh

Saya membuat artikel filsafat berjudul “Nabi Muhammad SAW tak Pernah Bekeinginan untuk Menjadi Kaya”. Lantas, dikomentari bahwa teman-teman Nabi banyak yang kaya raya dan suka beeramal. Tentu itu komentar yang melenceng. Kalau saya bicara Nabi Muhammad SAW, ya substansinya Nabi Muhammad SAW. Soalnya teman-temannya Nabi banyak yang hidup kaya raya dan suka bersedekah, ya itu urusan orang lain. Lebih baik orang itu bertanya tentang artikel tersebut daripada berkomentar tapi bukan mengenai substansinya.Lagipula itu artikel filsafat. Bukan artikel agama.

Menuntut ilmu sepanjang hidup

Salah besar kalau ada yang mengatakan, sesudah diwisua jadi sarjana, maka selesailah sudah kewajiban menuntut ilmu. Menuntut ilmu harus sepanjang hidupnya. Jika tidak, akan ditinggal kemajuan ilmu dan teknologi.

Contoh

Betapa banyak orang tua yang tidak memahami dunia internet. Apalagi membuat akun Facebook. Kalau ditanya anaknya tidak bisa menjawab. Ilmu pengetahuan dan pengetahuan harus diterapkan dan diamalkan Kalau Cuma banyak ilmu saja masih belum cukup. Ilmu itu harus diterapkan, dpraktekkan dan paling tidak diamalkan. Mengamalkan bisa dengan cara membuat artikel di jejaring sosial ataupun di media massa koran dan sejenisnya. maklumlah, banyak sarjana yang bisanya cuma berkomentar, tetapi tidak mampu membuat artikel.

Online University

Kalau Anda tiap hari membaca minimal 10 artikel di internet, maka dalam kurun waktu lima tahun, kemampuan berpikiir Anda sudah setara dengan sarjana, walaupun Anda tidak mempunyai ijasah. Ijasah itu kan digunakan untuk mencari kerja. Sedangkan ilmu pengetahuan yang Anda dapatkan dari internet bisa untuk kepentingan berwiraswasta atau menjadi pebisnis yang kreatif.

Sumber foto: teknologi2015.blogspot.com

Hariyanto Imadha

Facebooker


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: