Oleh: elanvital2009 | Februari 25, 2011

MOTIVASI: Tiap Orang Punya Kesempatan untuk Sukses

HIDUP ini seperti permainan sepakbola. Tiap pemain punya kesempatan untuk memasukkan bola. Untuk itu memang harus mampu melihat peluang dan mengantisipasi datangnya peluang. Perlu kecepatan berpikir dan bertindak.

Orang yang tidak pernah mencoba untuk melangkah, maka sampai kapanpun tidak akan pernah melangkah. Namun untuk melangkah harus ditentukan dulu tujuannya. Tujuan itu harus dijabarkan dengan beberapa alternatif kemungkinan dan harus dipilih satu kemungkinan yang paling realistis.

Dengan kata lain, segala kemungkinan harus diperhitungkan. Oleh karena itu perlu menyusun plan A, plan B dan plan C. Artinya, jika rencana pertama gagal, maka harus dicoba rencana kedua. Rencana kedua gagal, harus dicoba rencana ketiga. Tentu, tanpa mengubah tujuan semula.

Ibarat pemain sepak bola. Anda harus berdiri di tempat tertentu dan mengandaikan dapat umpan bola, menendang bola tanpa ada pemain lain di depan Anda. Pengandaian ini perlu sebab itu merupakan langkah antisipasi.

Semua orang memang pernah gagal. Tetapi semua kegagalan itu pasti ada sebabnya. Cobalah Anda cari, kenapa Anda gagal? Tulis beberapa kemungkinan Anda gagal. Analisa satu persatu dan cari alternatif solusinya untuk langkah mendatang.

Misalnya, Anda membuat suatu produk yang menurut perkiraan Anda laku keras. Misalnya, pakaian muslim. Tetapi kenapa omzet penjualannya tak seperti yang Anda harapkan? Subutkan beberapa kemungkinan. Mungkin harganya mahal, mungkin warnanya kurang menarik. Mungkin bordirnya kurang kreatif. Mungkin motifnya itu-itu saja. Mungkin promosinya kurang. Mungkin daya beli masyarakat menurun.

Sukses adalah milik semua orang. Sukses ada caranya. Sukses ada syarat-syaratnya. Sukses bisa Anda capai kalau Anda mampu memenuhi syarat Tiga K. yaitu (K)esempatan,(K)emampuan dan (K)emauan. Artinya, manfaatkan kesempatan yang ada. Kesempatan itu harus Anda raih sesuai dengan kemampuan Anda. Ada kemauan untuk merealisasikan tujuan Anda.

Kesuksesan tidak akan datang dengan hanya berdoa, merenung atau meminta belas kasihan orang lain. Kesuksesan harus Anda raih dengan cara mencoba, mencoba dan mencoba. Jika gagal, coba lagi dengan cara yang lain.

Selalu katakan di dalam pikiran Anda:

“Saya pasti bisa!”

Hariyanto Imadha

Facebooker

http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150211217285297

 

 

 


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: