Oleh: elanvital2009 | Juni 26, 2011

KREATIVITAS: Soal Kanopi Motor Orang Indonesia Masih Tergolong Ndeso

KANOPI motor atau atap motor sudah bertahun-tahun ada di luar negeri. Antara lain di China, Jepang, Perancis, dll. Tentu, kanopi motor itu dibuat oleh pabrik. Tujuan daripada pembuatan kanopi motor itu adalah agar pengemudi tidak kehujanan, kepanasan, kena angin kencang atau kena debu. Tentu, jangan Anda bandingkan dengan mobil.

Foto kanopi motor buatan luar negeri

(Sumber foto: nasional.kompas.com)

 

(Sumber foto: nasional.kompas.com)

Kanopi motor di Indonesia

Sebenarnya juga sudah lama ada kanopi motor di Indonesia. Cuma, masih terbatas sebagai hobi, karya ilmiah atau sekadar coba-coba saja. Belum ada yang dibisniskan secara profesional, kecuali yang saya lakukan. Dan semuanya bukan buatan pabrik, melainkan buatan perorangan atau kelompok sebagai home industri. Biasanya kerjasama dengan bengkel las dan bubut yang profesional.

Kanopi motor hasil inovasi saya

Sedikitnya saya memiliki 10 desain kanopi motor dari bermacam-macam bahan. Salah satunya yaitu versi 3 (tipe minimalis) sebagai yang terlihat di foto di bawah ini.

 

Orang Indonesia masih tergolong ndeso

Soal kanopi motor, orang Indonesia cara berpikirnya masih belum maju. Persepsi mereka, kanopi motor tidak praktis atau ribet atau berbahaya kalau terkena angin dan anggapan-anggapan yang tidak ilmiah lainnya.

Soal angin

Kanopi motor dibuat, tentu harus memperhatikan faktor angin, baik yang datang datang dari depan,belakang,atas maupun samping. Hal tersebut dipelajari dalam “ilmu aerodinamika”. Angin yang datang dari depan menyebabkan bentuk kaca depan harus cekung. Begitu pula angin dari atas,samping dan belakang menentukan bentuk kerangka maupun kanopi. Bahkan pengemudipun dibekali dengan trik-trik menghadapi angin. Tentu, tidak ada satupun kendaraan sanggup menghadapi angin puting beliung ataupun torpedo. Bahkan mobilpun tak akan sanggup. Oleh karena itu ada batas-batas maksimal angin yang harus diperhitungkan

Soal praktis

Anggapan bahwa kanopi motor tidak praktis atau ribet, juga pandangan yang tidak maju. Sebab, kanopi motor memperhitungkan faktor kepraktisan atau pragmatisme, antara lain bersifat minimalis.

Safety

Lebih parah lagi, ada anggapan kanopi motor tidak aman. Bisa menimbulkan kecelakaan. Padahal, data-data di polri menunjukkan bahwa 90% kecelakaan diakibatkan oleh faktor “human error”. Bukan karena kendaraannya. Bukan karena kanopinya. Untuk mengendarai kendaraan apapun, tentu ada caranya. Demikian pula, untuk mengendarai motor berkanopi, ada caranya.

Tentu diperhitungkan

Pembuatan kanopi motor secara profesional tentu memperhitungkan faktor safety,kepraktisan dan lain-lain. Dengan kata lain memperhitungkan aerodinamika, antropometri,ergonomi,estetika, pragmatisme dan lain-lainnya.

Inovasi sempurna

Inovasi kanopi motor yang saya ciptakan,yaitu Pitor V3 atau kanopi motor versi 3, sedikitnya mempunyai 10 kelebihan yang tidak dimiliki kanopi lainnya, termasuk buatan luar negeri sekalipun.

10 kelebihan kanopi motor inovasi saya

1.Kanopi motor bisa diperlebar secara manual oleh pengemudi motor sehingga sebagian besar tubuh tidak terkena air hujan, panas,angin ataupun debu.

2.Kanopi motor bisa dinaikkan/diturunkan sesuai dengan tinggi badan pengemudi

3.Kanopi motor bersifat antihujan,antipanas,antiangin dan antidebu

4.Praktis (tidak ribet) sebab menggunakan sistem lipat (folding system).Mudah pemasangan dan pembongkarannya. Bentuknya minimalis dan dibuat dari bahan-bahan yang ringan.

5.Harganyapun sangat murah. Mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 3 juta tergantung bahan dan model. Namun yang dipasarkan baru Pitor Versi 3 seharga Rp 750.000,ongkos kirim se-Indonesia Rp 100.000 dan mendapat bonus satu pasang kaca spion pendek.

6.Jika ada angin kencang, maka kanopi bagian belakang bisa dibuka dan tetap bisa melaju dengan cepat (sekitar 70km/jam). Mudah mengemudikannya.

7.Jika kanopi motor rusak, mudah diganti. Bisa menggunakan bahan acrylic, polycarbonate, triplek melamin, mika, kanopi rumah,lembaran plastik tebal,terpal dan bahan-bahan lainnya.

8.Kemiringan kaca depan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan

9.Mampu menempuh kecepatan 70km/jam dengan aman.Meskipun demikian direkomendasikan dengan kecepatan 40km-50km per jam, sebab motor berkanopi didesain sebagai motor santai atau motor rekreasi.Bukan untuk kebut-kebutan.

10.Cocok untuk semua jenis motor bebek, kecuali Scoopy.

Dimuat di tabloid

Kanopi motor hasil inovasi saya, pernah dimuat di Tabloid Peluang Usaha Edisi 18 halaman 21 dan saya diberi predikat sebagai pelopor pebisnis kanopi se-Indoneesia.

Akan mendapatkan award

Hasil inovasi saya tersebut, sebenarnya akan mendapatkan penghargaan berupa Award pada Sabtu,25 Juni 2011. Namun, ditunda Sabtu, 23 Juli 2011 dan direncanakan diadakan di Hotel Oasis, Jl.Senen Raya, Jakarta.

Hak cipta

Inovasi kanopi motor, kalau tak ada halangan akan saya urus hak cipta-nya.

Didaftarkan di Muri

Dalam waktu dekat juga akan saya daftarkan di Muri sebagai kanopi motor pertama yang memiliki 10 kelebihan yang tidak dimiliki kanopi motor manapun di dunia

Saatnya menghilangkan sikap ndeso

Jadi, sudah saatnya bangsa Indonesia meninggalkan sikap ndesonya terhadap kanopi motor. Saatnya meninggalkan anggapan-anggapan atau persepsi-persepsi yang salah terhadap kanopi motor. Saatnya meninggalkan sikap snob (sok tahu, sok mengerti dan sok pintar) .Saatnya meninggalkan kebodohan.

Informasi selengkapnyya

Lihat di http:tokoonline9999.wordpress.com

Hariyanto Imadha

Inovator Kanopi Motor


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: