Oleh: elanvital2009 | Mei 2, 2012

BISNIS: Kanopi Motor dari Hobi Menjadi Bisnis

BISNIS: Kanopi Motor dari Hobi Menjadi Bisnis

KADANGKALA, sebuah bisnis muncul di luar dugaan. Antara lain berangkat dari hobi. Seperti yang penulis alami. Semula membuat kanopi/atap motor hanya karena kebutuhan pribadi. Kemudian berkembang menjadi hobi. Selanjutnya berkembang menjadi bisnis.

1.Asal mula
Desember 2009, penulis pulang dari rumah seorang sahabat di kawasan Bintaro. Naik motor dua roda tanpa kanopi motor. Namun, baru 300 berjalan, hujan deras turun. Penulis segera memakai mantel anti hujan.

2.Mantel anti hujan bukan solusi
Walaupun sudah memakai mantel anti hujan, ternyata jatuhnya air hujan ke mantel, rasa dinginnya tembus ke tubuh yang mengakibatkan tubuh penulis kedinginan. Sejak dari Bintaro hingga rumah penulis, tubuh menggigil kedinginan. Bahkan malam harinya sakit demam. Kendala lain dalam perjalanan yaitu, kaca helm yang terkena air hujan membuat pandangan mata terhalang dan cukup membahayakan pengendara motor.

3.Kanopi motor sebagai solusi
Akhirnya, setelah surfing di internet, penulis menemukan solusi. Yaitu membuat kanopi motor. Namun, kanopi motor yang akan penulis buat haruslah mampu menghindari hujan dari depan,atas, belakang,kiri dan kanan motor. Ciri-ciri ini tak dimiliki kanopi motor lain, baik buatan dalam maupun luar negeri.

4.Mempelajari ilmu yang berkaitan
Untuk membuat kanopi motor ternyata ada ilmunya.Antara lain aerodinamika (ilmu yang mempelajari perilaku angin dan cara mengelolanya), ergonomi (imu yang mempelajari struktur tubuh manusia dengan kanopi motor untuk memperoleh kenyamanan). Juga faktor keamanan dan faktor-faktor lainnya.

5.Uji coba dan penyempurnaan
Sesudah membuat desain, lantas dibuat produk eskperimen. Kemudian uji coba. Dari hasil uji coba berkali-kali, maka dilakukan penyempurnaan terus menerus. Hingga, mendekati kesempurnaan.

6.Tes pasar
Langkah berikut, iseng-iseng penulis melakukan tes pasar dengan cara mempromosikan lewat blog pribadi milik penulis. Ternyata ada sambutan. Antara lain dari Gresik, Surabaya, Solo, Semarang, Medan, Cilegon, Cengkareng, Jakarta,Tangerang dan lain-lain

7.Membuat berbagai versi
Karena selera konsumen bermacam-macam, maka penulis membuat berbagai versi. Mulai dari versi 1 hingga versi 6 (hingga Mei 2012) dan akan terus dibuat hingga versi 10.

8.Masih perlu sosialisasi
a.Masyarakat Indonesia masih belum begitu faham fungsi dan manfaat kanopi motor. Ada beberapa cara berlogika yang salah dari masyarakat Indonesia tentang kanopi motor. Antara lain:
b.Ada anggapan, buat apa memakai kanopi motor, toh kalau hujan bisa memakai mantel anti hujan (kalau panas apakah mereka harus memakai mantel anti hujan? Tentu tidak). Kanopi motor juga bisa berfungsi melindungi pengendara dari panas terik sinar matahari.
c.Ada anggapan melanggar undang-undang lalu lintas. Anggapan yang tidaj penar. Tidak ada satu pasal atau ayat dalam UU Lalu Lintas No.22 Tahun 2009 yang melarang pemakaian kanopi motor sebab kanopi motor termasuk aksesori motor.
d.Ada anggapan kanopi motor tidak tahan angin. Anggapan ini tentu dimiliki oleh masyarakat yang tidak faham aerodinamika. Motor yang dibuat berdasarkan perhitungan aerodinamika tentu tahan angin. Bahkan untuk motor dua rodapun tidak masalah. Motor tetap bisa melaju dengan stabil.
e.Ribet atau tidak praktis. Tentu, aneh kalau belum mencoba sudah mengatakan ribet atau tidak praktis. Kanopi motor bisa dilipat, mudah pemasangan dan pembongkarannya. Juga, ringan. Semua sudah diperhitungkan dengan cermat.
f.Takut mendatangkan kecelakaan. Tentu, kalau kita baca data-data kecelakaan, ternyata 90% kecelakaan karena faktor manusia. Bukan karena faktor kanopi motor.

9.Di luar negeri kanopi motor sudah biasa
Di luar negeri, antara lain di China, Jepang, Hongkong, Italia, Thailand, Swiss, Perancis, Jerman, kanopi motor merupakan nhal yang biasa. Bahkan berfungsi melindungi pengendara dari jatuhnya salju. Bahkan dibuat pabrik-pabrik ternama,antara lain Honda, BMW dan lain-lain.

10.Prospek bisnis cerah
Penulis percaya bahwa prospek bisnis kanopi motor cukup cerah mengingat jumlah motor tidak berkanopi jumlahnya luar biasa banyak. Apalagi kalau harga kanopi motor bisa ditekan semurah mungkin. Juga, bentuknya dibuat semakin praktis. Tentu, hak cipta harus diurus.

Catatan:
1.Bisnis kanopi motor penulis, pernah mendapatkan Award 2011 dari Yayasan Citra Profesi Indonesia, Jakarta pada 23 Juli 2011.
2.Pernah ditayangkan dalam acara Sang Kreator, TV7 pada Sabtu, 14 April 2012.
3.Pernah dimuat di berbagai tabloid, termasuk tabloid “Peluang Usaha” dan foto-foto kanopi motor yang ada di blog penulis di copy-paste di lebih dari 20 blog/website milik orang lain.

Info tambahan

1.Bahan-bahan yang penulis gunakan

Acrylic, lembaran Taco,pipa pralon,pipa alumunium,pipa stainless steel dan lain-lain yang ringan.

2.Sementara kami tidak menggunakan bahan fiberglass dengan alasan
-Bahan bakunya mahal dan harga jualnya mahal (sekitar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta)

-Proses pembuatannya rumit dan lama

-Tidak bisa dilipat (sulit untuk pengiriman)

-Tidak bisa ditinggikan/direndahkan

-Berat (sekitar 10 kg. Padahal, kanopi motor idealnya sekitar 5 kg)

-Terlalu sering kena panas matahari bisa retak,pecah dan patah

-Jika rusak, konsumen tidak bisa memperbaiki

-Dari sudut bisnis tidak menguntungkan

3.Kelebihan kanopi yang penulis buat:

-Proses pembuatan mudah dan cepat

-Bahan baku relatif murah dan harga jual relatif murah (sekitar Rp 1.500.000 hingga Rp 2.000.000) untuk tahun 2011.

-Bisa dilipat (mudah pengiriman lewat jasa pengiriman)

-Ringan (sekitar 5 kg)

-Ketinggian kanopi bisa  dinaikkan/diturunkan

-Mudah pemasangan dan pembongkarannya

-Lebar kanopi bisa dilebarkan secara manual (dari 50 cm ke 80/90/100 cm

-Dilengkapi wiper manual

-Aman, nyaman dan stabil

-Anti hujan, anti panas, anti angin dan anti debu

-Dilengkapi tirai anti hujan di kanan-kiri kanopi/motor

-Praktis (tidak ribet)

-Dilengkapi MP3 player-spekaer & radio FM mini

-Jika rusak, pemilik kanopi bisa memperbaiki sendiri

-Dari sudut bisnis sangat menguntungkan

Hariyanto Imadha
Inovator

INDODATA BUSINESS ONLINE
BSD Nusaloka Sektor XIV-5
Jl.Bintan 2 Blok S1/11
SMS Only: 081-330-070-330
TANGERANG SELATAN


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: