Oleh: elanvital2009 | Juli 16, 2012

KREATIVITAS : Ingin Menulis Surat Pembaca?

SURAT pembaca sebenarnya merupakan salah satu cara kita menyampaikan pendapat kepada publik. Pendapat kita akan dibaca ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu bahkan jutaan pembaca. Tentu, lebih efektif dibandingkan kalau kita menulis di Facebook, Twitter, blog ataupun website.  Sulitkah menulis surat pembaca? Sebenarnya mudah. Meskipun demikian, banyak juga surat pembaca yang tidak memenuhi kaidah-kaidah penulisan surat pembaca. Di bawah ini adalah petunjuk cara membuat surat pembaca yang benar.

A.Cara membuat surat pembaca yang benar

Surat pembaga terdiri dari tiga bagian:

1.Pembukaan

2.Isi

3.Penutupan

ad.1.Pembukaan

Yaitu,mengemukakan “inti masalah” yang akan kita persoalkan. Cukup hal-hal yang penting saja. Batasi pada masalah-masalah yang paling penting. Usahakan masalah yang uptodate. Masalah yang bersifat khusus. Atau masalah yang sedang hangat menjadi pembicaraan umum. Bisa juga masalah yang menyangkut pribadi Anda. Bisa juga tentang pelayanan publik yang belum memuaskan. Pokoknya, cukup banyak masalah yang bisa Anda pilih untuk tema sebuah surat pembaca. Bisa juga berupa pertanyaan, gagasan atau usulan, opini atau apa saja.Buatlah judul yang singkat dan relevan dengan masalah Anda.

ad.2.Isi

Kalau pembukaan Anda bicara tentang masalah-masalah inti. Maka di bagian “Isi” ini Anda harus uraikan atau Anda jelaskan apa uraian masalah yang Anda hadapi. Apa segi-segi negatifnya terhadap Anda atau terhadap orang lain. Dimana letak kekurangan-kekurangannya. Jangan menulis kalimat yang maksudnya sama.Jangan terlalu panjang isi surat pembaca Anda. Cukup singkat tapi padat.

ad.3 Penutupan

Dalam bagian ini sebaiknya Anda sampaikan kesimpulan ataupun saran. Sebaiknya kesimpulan haruslah objektif. Usahakan sebuah saran yang konstruktif.

B. Syarat membuat surat pembaca

1.Isinya tidak melanggar peraturan perundang-undangan.

Harus berdasarkan fakta atau bukti. Jangan memfitnah, menyerang urusan pribadi orang lain, membuka aib seseorang, bersifat SARA dan hal-hal lain yang bisa menimbulkan konflik ataupun polemik.

2.Sopan

Gunakan bahasa yang sopan. Jangan menyinggung perasaan orang lain. Usahakan seobjektif mungkin. Jangan terlalu subjektif.

3.Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Sebelum Anda kirimkan, periksa dulu tulisan Anda. Kalau ada salah ketik, salah kata, salah kalimat, salah istilah, salah menulis nama dan kesalahan-kesalahan lain, segera diperbaiki. Perhatikan juga bahasa Indonesia Anda. Harus sesuai dngan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Gunakan kata-kata yang lazim digunakan. Jangan menggunakan istilah yang sulitv dimengerti atau tidak dipahami pembaca.

C.Mencari alamat redaksi surat kabar

Lebih menghemat biaya kalau Anda mengirim surat pembaca melalui e-mail. Bisa Anda cari melalui Google dengan mengetik keyword atau kata kunci tertentu. Misalnya, “alamat redaksi surat kabar”,”alamat e-mail surat kabar”, “alamat e-mail redaksi” dan seterusnya. Anda boleh mengumpulkan alamat surat kabar sebanyak-banyaknya dan boleh mengirim surat kabar sebanyak-banyaknya. Sebab, kalau Anda mengirim ke hanya satu surat kabar, mungkin surat pembaca Anda tidak dimuat atau dimuat beberapa hari lagi (mungkin bisa beberapa minggu lagi).

D.Sertakan lampiran

Anda wajib melampirkan:

-Fotokopi atau SIM yang masih berlaku

Bahkan ada redaksi yang mewajibkan Anda mengirimkan pasfoto, fotokopi kartu NPWP dan fotokopi buku tabungan bank (nomor rekening bank) Anda.

-Tulis lengkap nama, alamat Anda (RT/RW/kodepos).

-Jika perlu, tulis alamat e-mail dan nomor telepn/ponsel Anda

-Lampirkan fotokopi bukti yang berhubungan dengan masalah Anda, jika ada.

E.Lain-lain

1.Sebaiknya santai-santai saja mengirimkan surat pembaca. Artinya, jangan terlalu berharap surat pembaca Anda pasti dimuat. Bisa saja dimuat bisa saja tidak dimuat.

2.Apakah surat pembaca Anda dimuat atau tidak memang harus dicek melalui internet (ketik judul surat pembaca Anda) atau rajin-rajin melihat atau membeli koran cetak yang Anda kirimi surat pembaca.

3.Apakah surat pembaca Anda akan ditanggapi atau tidak, tentu Anda harus realistis. Sebab, bisa saja surat pembaca Anda ditanggapi bisa juga tidak ditanggapi.

Nah, selamat berkreativitas

Hariyanto Imadha
Penulis Surat Pembaca
Sejak 1973

Responses

  1. saya sangat ingin membuat surat pembaca


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: