Oleh: elanvital2009 | Juli 31, 2012

MOTIVASI: Mengubah Ejekan “Bodoh” Sebagai Sebuah Motivasi

APAKAH Anda akan tersinggung jika ada orang lain mengejek Anda dengan kata “Bodoh?”. Kalau Anda menjaab “Ya”, maka itu jawaban yang wajar atau normal. Tetapi, apabila Anda menyikapinya secara negatif, maka Anda telah melakukan kekeliruan yang besar. Sebaliknya, jika Anda menyikapinya secara positif, maka Anda berada pada posisi yang benar. Yaitu, menyikapi kata “bodoh” sebagai sebuah “motivasi” agar Anda mampu membutikan bahwa Anda sebenarnya tidak bodoh.

Ada beberapa orang yang semula memang bodoh atau dianggap bodoh, ternyata mampu mencapai kesuksesan. Di bawah adalah beberapa contoh.

1.Adam Khoo

Ketika berusia 12 tahun, dicap sebagai orang yang malas, bodoh, agak terbelakang dan tidak ada harapan. Ketika masuk SD, dia benci membaca, maunya hanya main game computer  dan nonton TV. Pada usia 13 tahun dia dikirim ke Supert-Teen Program yang diajari oleh Ernest  Wong yang menggunakan teknologi  Accelerated Learning (AL), Neuoro  Linguistic Programming (NLP) dan Whole Brain Learning (WBL). Sejak saat itu keyakinan Adam Khoo berubah. Dia yakin bahwa dia bisa. Pada umur 26 tahun dia mempunyai empat bisnis  yang beromzet 20US$. Dia bisa berubah karena ucapan Ernest Wong :”Satu-satunya hal yang bisa menghalang-halangi kita adalah keyakinan yang salah serta sikap yang negatif”. Selengkapnya baca di: http://www.ceritabijakmotivasi.com/adam-khoo-si-bodoh-milyarder

2.Tujuh orang putus sekolah yang sukses besar

Mereka adalah Marks Zuckerberg, Steve Jobs, Bill Gates, Michael Dell, Larry Ellison, Richard Branson dan Walt Disney. Selengkapnya baca di http://www.ceritabijakmotivasi.com/tips-sukses-7-pengusaha-milyader-putus-sekolah

3.Pengalaman penulis

Penulis, ketika masih duduki di kelas 2 SMPN 2 Bojonegoro pernah mengikuti ulangan Bahasa Inggeris. Nilainya hanya 1,2. Sedangkan teman-teman sekelas dapat nilai 6,7,8,9 atau 10 (nilai tertinggi). Teman-teman pun mengatakan “Bodoh” pada penulis. Memang tersinggung, tetapi penulis tidak marah. Dalam hati penulis berjanji, suatu saat akan membuktikan bahwa penulis tidak bodoh dalam Bahasa Inggeris. Lulus SMA, meneruskan kuliah di beberapa perguruan tinggi di Jakarta. Salah satunya adalah Akadamei Bahasa Asing “Jakarta”. Terbukti, penulis lulus dengan predikat “cumlaude” dan skripsi berjudul “A Summary of A Tale of Two Cities” mendapat predikat sebagai skripsi terbaik.

4. Orang Bodoh VS Orang Pintar by Mario Teguh

Pendapat Mario Teguh:” Orang bodoh sulit dapat kerja, akhirnya berbisnis.Agar bisnisnya berhasil, tentu dia harus rekrut orang pintar.Walhasil boss-nya orang pintar adalah orang bodoh.” Selengkapnya di  http://terselubung.blogspot.com/2010/02/orang-bodoh-vs-orang-pintar-by-mario.html

5.Mengubah kata “bodoh” sebagai sebuah “motivasi”

Oleh karena itu, jika Anda dikatakan bodoh, anggap saja itu sebagai “shock therapy”. Anggap itu sebagai sebuah motivasi. Tanamkan tekad Anda di dalam hati bahwa suatu saat Anda akan membuktikan bahwa Anda bukan bodoh. Anda harus membalas dendam dalam arti yang positif. Cari kelebihan yang Anda miliki dan kembangkan. Atau, cari kelemahan Anda kemudian perbaiki kelemahan Anda. Tentukan tujuan yang positif. Tanamkan keyakinan bahwa Anda “bisa!”. Miliki keyakinan bahwa Anda “pasti sukses!”. Berbuat, berbuat dan berbuatlah yang nyata. Jangan takut gagal karena setiap kegagalan ada sebabnya dan ada solusinya. Percayalah bahwa “gagal ada sebabnya” dan “sukses ada caranya”.

6.Semangat

Kata kunci sukses adalah “semangat”. Untuk mendapatkan semangat, banyak-banyaklah mempelajari orang-orang yang sukses. Banyak rahasia sukses yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Internet. Ketik kata “Rahasia Sukses” di Google. Pelajari baik-baik dan kemudian Anda praktekkan.

Kesimpulan

Jika Anda dianggap bodoh, boleh saja Anda tersinggung. Namun, sikapi ejekan tersebut secara positif. Ubah kata “bodoh” sebagai “motivasi” bagi  Anda. Buktikan bahwa Anda tidak bodoh. Bisa, jika Anda mau.

Semoga bermanfaat

Hariyanto Imadha
Penulis Motivasi
Sejak 1973

Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori