Oleh: elanvital2009 | Mei 9, 2013

TIPS: Cara Memperlakukan E-KTP

Image

ADA informasi, E-KTP tidak boleh difotokopi karena bisa merusak chip yang ada di E-KTP tersebut. Pihak lain mengatakan, E-KTP difotokopi 1.000 kali juga tidak apa-apa. Orang lainnya lagi bilang, E-KTP hanya boleh difotokopi satu kali saja dan hasil fotokopinya boleh difotokopi sesuai kebutuhan.

Chip

E-KTP adalah KTP yang dilengkapi chip di mana chip berisi semua data lengkap yang berhubungan dengan pemilik KTP, termasuk sidik jari dan data-data lainnya. Namun kabarnya kualitas chip ada dua macam, yaitu chip yang berkualitas baik dan chip yang berkualitas rendah. Ada yang bilang, kalau chipnya berkualitas rendah, tentu mudah rusak kalau difotokopi. Namun pihak lain mengatakan, E-KTP menggunakan chip yang berkualitas baik. Apakah chip berkualitas baik atau tidak baik, tentu pemilik KTP tidak bisa membedakan.

Ada tiga macam E-KTP

Berdasarkan gambar-gambar atau foto-foto di Google, ada tiga macam E-KTP:

1.E-KTP yang chip bisa dilihat dan ada data-data tertulis

2.E-KTP yang chip bisa dilihat tapi tidak ada data-data tertulis

3.E-KTP yang chip tidak bisa dilihat tetapi ada data-data tertulis

Discanning

Ada yang menyarankan, E-KTP discanning saja. Filenya disimpan di flashdisk atau komputer. File itu bisa dicetak dan hasil cetakannya bisa difotokopi sesuai kebutuhan. Namun ada yang mengatakan, cahaya scanner sama bahayanya dengan cahaya mesin fotokopi. Oleh karena itu jika chip E-KTP berkualitas rendah, maka jika discan, bisa merusak data-data yang ada di dalam chip. Namun, ada juga yang membantahnya.

Difoto

Saran yang agak masuk akal yaitu, E-KTP kita foto saja di tempat yang terang. Bisa menggunakan kamera HP bisa juga menggunakan kamera digital. Tapi ini prakteknya juga sulit, karena kalau ada huruf atau angka, di foto jadinya kurang jelas dan kurang terbaca. Tentu, perlu alat foto yang khusus untuk itu.

Lantas bagaimana solusinya?

-Kalau memang punya niat untuk difotokopi, maka cukup difotokopi (bolak-balik) satu kali saja. Tidak ada literatur imiah yang mengatakan bahwa E-KTP, chip-nya akan rusak kalau difotokopi.

-Hasil fotokopi sebaiknya Anda laminating dan sewaktu-waktu bisa difotokopi lagi

-E-KTP asli jangan sampai rusak (jangan distaples, jangan ditekuk, jangan sampai berlubang, jangan sampai kemasukkan air. Bahkan ada yang mengatakan jangan dekatkan E-KTP Anda ke gunting atau magnet karena bisa merusak data-data di chip  (belum terbukti kebenarannya, tetapi logis) Pokoknya, secara fisik jangan sampai rusak.

Sumber foto: cybersulut.com

 Semoga bermanfaat.


Kategori

%d blogger menyukai ini: