Oleh: elanvital2009 | September 19, 2013

TIPS: Merencanakan Pindah Rumah Yang Praktis dan Ekonomis

FACEBOOK-TipsMerencanakanPindahRumahYangPraktisDanEkonomis,

MEMANG ada seseorang atau sebuah keluarga yang terpaksa pindah rumah karena sesuatu hal. Antara lain, karena ditugaskan ke daerah lain, karena bencana alam dan berbagai sebab lainnya. Tentunya, pindah rumah seringkali merepotkan, terutama bagi yang memiliki banyak barang baik barang kecil maupun barang besar. Lantas, bagaimana caranya supaya pindah rumah secara praktis dan ekonomis?

Beberapa langkah yang harus dilakukan

1.Mempersiapkan waktu yang cukup

2.Memilah-milah barang

3.Mempersiapkan kardus atau kotak

4.Mengikat barang-barang tertentu

5.Mempersiapkan tempat yang baru

6.Menata kembali di rumah yang baru

Ad.1.Mempersiapkan waktu yang cukup

Pindah rumah tidak perlu tergesa-gesa. Harus dipersiapkan jangka waktu yang cukup, misalnya seAndar satu-dua bulan sebelumnya. Dengan waktu yang cukup, maka Anda bisa memanfaatan waktu untuk keperluan yang lainnya tanpa harus fokus ke persiapan pindah rumah tetapi urusan lainnya terabaikan.

Ad.2.Memilah-milah barang

Barang-barang yang ada di rumah harus dipilah-pilah mana yang tidak wajib dibawa dan mana yang wajib dibawa dengan kriteria sebagai berikut:

-Barang-barang yang bisa dibuang

-Barang-barang yang cocok Anda berikan ke pemulung

-Barang-barang yang layak untuk fakir miskin

-Barang-barang yang bisa diloak

-Barang-barang yang masih bisa diservis atau diperbaiki

-Barang-barang yang bisa dijual dengan harga yang layak

-Barang-barang yang pasti dibawa

Ad.3.Mempersiapkan kardus atau kotak

Mempersiapkan kardus atau kotak sesuai dengan jumlah barang yang akan dibawa. Kardus bisa dibeli di toko-toko atau agen-agen rokok  atau toko-toko lainnya. Ukuran kardus atau kotak tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa, tiap kardus atau kotak harus Anda beri nomor urut dan label memakai spidol besar. Tiap kardus atau kotak berisi barang-barang sejenis. Misalnya kardus atau kotak dengan label “1.Alat tulis-menulis”,”2.Sepatu dan sandal”,”3.Alat-alat dapur”,”4.Buku-buku”,”5.Komputer” dan seterusnya. Dengan adanya nomor urut dan label, maka jika ada yang ketinggalan atau hilang, bisa segera Anda ketahui.

Ad.4.Mengikat barang-barang tertentu

Biasanya, saat pindah ada pencuri di perjalanan, baik yang dilakukan oleh orag-orang yang Anda sewa atau dari orang-orang lain. Oleh karena itu beberapa barang tertentu sebaiknay diikat satu sama lain sehingga sangat sulit diambil orang lain. Gunakan kawat jemuran. Jika kardus atau kotaknya bisa ditutup, tutuplah rapat-rapat .

Ad.5.Mempersiapkan tempat yang baru

Tentu, sebelum pindah, tempat baru harus sudah tersedia. Siapkan rumah baru sebaik mungkin. Misalnya, sudah ada listrik, PAM atau pompa air, tandon air, pagar , jendela sudah dilengkapi teralis, jika beli rumah dari orang lain, sebaiknya kunci pintu depan diganti dan kelengkapan rumah lainnya. Pastikan rumah dalam kondisi siap untuk menerima barang-barang Anda. Jangan sampai barang yang Anda bawa terlalu banyak sedangkan rumah yang akan Anda tempati sempit.

Ad.6.Menata kembali di rumah yang baru

Sesudah barang-barang tiba di tempat baru, manfaatkan orang-orang yang Anda sewa untuk sekaligus  menata kembali barang-barang tersebut sesuai jenis barangnya.

Saran

1.Bagi Anda yang suka atau sering pindah, sebaiknya gunakan furniture yang ringan, praktis dan mempunyai sistem:

-Sistem multifungsi

-Sistem lipat

-Sistem knockdown

-Sistem kubisme (serba kotak)

2.Jika cukup dana dan Anda tidak mau repot-repot, manfaatkan saja perusahaan pindah rumah yang terpercaya yang ada di kota Anda. Biasanya berbentuk PT. Sebaiknya tanyakan dulu kredibilitas perusahaan tersebut ke sahabat-sahabat Anda. Tanyakan rincian biayanya termasuk ada tidaknya biaya survei pendahuluan.

Artikel ini penulis buat berdasarkan pindah rumah sebanyak 20 kali di Jabodetabek sejak 1973 hingga 2013.

Semoga bermanfaat

Catatan:
Maaf. saya jarang sekali membaca komen-komen.

Hariyanto Imadha

The Creator & Innovator

Sejak 1973


Kategori